Kemampuan Bicara Anak Usia 3 Tahun dan Cara Menstimulasi

| | 0 Comments

Pada umumnya anak di usia 3 tahun sudah mulai bisa berbicara lebih lancar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Namun, kemampuan bicara anak 3 tahun masih dibutuhkan stimulasi. Salah satu tujuan dari stimulasi ini yaitu agar kemampuan anak dalam berbicara semakin meningkat.

Perkembangan Bicara Anak Usia 3 Tahun

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jika saat berusia 3 tahun, anak sudah mulai berbicara dengan lancar. Lebih jelasnya berikut ini beberapa hal yang berhubungan dengan kemampuan bicara anak di usia 3 tahun.

  • Anak sudah mulai bisa melakukan komunikasi dengan orang di sekitarnya dengan 2-3 kalimat.
  • Di usia ini sudah mulai bisa berbicara menggunakan kata ganti seperti kamu, dia, aku, kita dan lain sebagainya.
  • Sudah mengenali nama diri sendiri dan orang-orang yang ada disekitarnya.
  • Kemampuan berbicara sudah jelas menggunakan 3-4 kata.

Cara Stimulasi Kemampuan Bicara Anak 3 Tahun

Setelah mengetahui kemampuan bicara anak 3 tahun, penting juga untuk mengetahui bagaimana cara menstimulasinya. Melakukan stimulasi sangatlah penting agar kemampuan anak berbicara bisa lebih maksimal. Selengkapnya berikut ini beberapa caranya.

  • Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menstimulasi kemampuan anak usia 3 tahun dalam berbicara yaitu memperkenalkan angka dan huruf. Namun, pastikan dalam hal ini tidak memaksakan anak untuk menghafal huruf dan angka tersebut.
  • Mengajak anak bermain peran juga menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan berbicara. Pada permainan ini, anak akan secara langsung terlibat. Contoh sederhananya bermain jual beli, anak sebagai pembeli dan orang tua sebagai pembeli.
  • Sering mengajak anak berbicara juga menjadi salah satu cara untuk menstimulasi kemampuan bicara. Entah itu, menanyakan ingin makan apa atau sekedar berbicara. Intinya, semakin sering diajak berbicara, anak akan semakin menguasai kata-kata dan kalimat baru.

Kurang lebih itulah penjelasan mengenai kemampuan bicara anak 3 tahun yang terbilang normal. Jadi, untuk memastikan agar kemampuan anak dalam berbicara lebih maksimal, terapkan beberapa cara stimulasi tersebut. Jangan lupa juga penuhi kebutuhan nutrisinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *