5 Manfaat Vitamin C, Bisa Kurangi Penyakit Kronis

| | 0 Comments

Vitamin C adalah salah satu jenis nutrisi yang diperlukan oleh tubuh untuk metabolisme. Disebut juga dengan nama asam askorbat, vitamin C memiliki peran penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Penting bagi Anda untuk memahami apa saja manfaat vitamin C sepenuhnya agar bisa menjaga pola konsumsi vitamin C dan mencegah kekurangan. Berikut ini manfaatnya:

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat utama dari vitamin C yaitu membantu tubuh memproduksi sel darah putih atau yang disebut juga fagosit dan limfosit. Vitamin C berperan sebagai antioksidan, mampu menjaga daya tahan tubuh dari kerusakan akibat terpapar radikal bebas.

Pada saat daya tahan tubuh meningkat, vitamin C juga akan memperkuat jaringan kulit. Vitamin ini tidak hanya melindungi dari bahaya lingkungan, tetapi juga menjaga organ tubuh dari gangguan bakteri, jamur, dan berbagai mikroba lain penyebab penyakit.

2. Menyehatkan dan Mengencangkan Kulit

Satu manfaat dari vitamin C yang menjadi idaman wanita adalah kemampuannya dalam menjaga lapisan dermis dan epidermis kulit. Vitamin C berperan dalam mendorong tubuh supaya memproduksi kolagen yang akan melindungi sel kulit dari berbagai kerusakan.

Kolagen sendiri merupakan komponen utama yang menyusun kulit dan bisa berkurang karena interaksi dengan lingkungan dan radikal bebas. Vitamin C inilah yang kemudian berperan dalam memproduksi kolagen sehingga kulit menjadi lebih sehat.

3. Mencegah Anemia

Salah satu jenis anemia yaitu anemia defisiensi besi yang terjadi karena sel darah merah tidak mengandung zat besi dalam jumlah cukup. Padahal, zat besi inilah yang berperan dalam mengangkut oksigen kemudian mengedarkannya ke seluruh tubuh.

Kondisi ini bisa teratasi dengan memenuhi kebutuhan akan vitamin C setiap harinya. Asam askorbat atau vitamin C ini punya peran dalam meningkatkan serapan zat besi dari berbagai makanan yang dikonsumsi.

4. Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat selanjutnya yaitu bisa membantu mengontrol tekanan darah apalagi jika Anda memiliki gangguan hipertensi. Vitamin C bisa masuk ke dalam perencanaan asupan harian karena vitamin C ini dapat menurunkan tekanan darah.

Sebuah jurnal pada Clinical Nutrition di Amerika mengemukakan bahwa vitamin C bisa menurunkan tekanan darah hingga sebesar 4,9 mmHg. Asupan vitamin C ini juga harus berbarengan dengan Anda mengontrol asupan garam pada makanan.

5. Menurunkan Kolesterol

Vitamin C ternyata secara mengejutkan bisa membantu mengontrol kandungan kolesterol di dalam tubuh. Konsumsi vitamin C sebanyak 500 miligram setiap harinya telah ditemukan mampu mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida pada tubuh.

LDL (low-density lipoprotein) dan trigliserida merupakan dua jenis kolesterol jahat yang bisa mengakibatkan adanya pembentukan plak pada pembuluh darah. Vitamin C bisa mencegah hal tersebut dengan tetap mengontrol keduanya berada dalam jumlah yang stabil.

Vitamin C masih memiliki berbagai manfaat lain seperti membantu pencegahan asam urat hingga resiko terkena penyakit kronis karena kemampuannya menangkal radikal bebas. Anda bisa mendapat lebih banyak artikel kesehatan dengan topik bahasan menarik lebih lengkap di Orami!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *