Peranan Marketing Mix Dalam Perkembangan Bisnis

| | 0 Comments

Dengan adanya marketing mix membantu sekali bagi mereka yang mau menjalankan suatu usaha yang memberikan laba.  Terutama bagi pelaku bisnis UKM dan mikro yang kian bertambah jumlahnya di tanah air. Semua kebingungan dalam menjalankan strategi pemasaran bisnis dapat dijawab dengan konsep marketing mix.

Bagaimana Peranan Marketing Mix Dalam Perkembangan Bisnis?

Berikut ini peranan marketing mix dalam perkembangan bisnis, antara lain :

1. Pengaruh yang sangat kuat

Pengaruh marketing mix sangat berpengaruh besar bagi perkembangan bisnis ke depannya. Sebuah bisnis tentu diharapkan dapat berkembang terus dan bertahan dalam jangka panjang. Salah satu metode bisnis yang dapat diterapkan adalah marketing mix.

Sedangkan konsep dan pengertian marketing mix bisa dipakai dalam rangka mengembangkan usaha yang akan berdiri, baru maupun usaha yang telah lama berdiri. Adapun manfaat marketing mix adalah membuat usaha yang baru berdiri dapat berjalan sukses dan menguntungkan. Sedangkan manfaat marketing mix untuk usaha yang telah lama berdiri adalah membantu perkembangan kemajuan bisnis menjadi lebih besar lagi dari segi omset dan laba.

2. Penerapan marketing mix secara baik dan benar

Namun semua kembali kepada pelaku usaha itu sendiri apakah bersedia menerapkan konsep marketing mix secara baik pada bisnisnya atau tidak. Yang pasti, sebuah bisnis yang akan berkembang bagus dalam jangka panjang ke depannya adalah bisnis yang menerapkan konsep marketing mix secara baik dan benar.

Sementara itu, marketing mix dipelajari pada mata pelajaran bisnis dan ekonomi serta kewirausahaan di bangku SMA/ SMK serta dipelajari pada bangku kuliah pada mata kuliah pemasaran dan marketing. Sehingga martrketing mix sangat populer di kalangan pelajar dan mahasiswa yang mengambil jurusan ekonomi atau pemasaran.

Walaupun teori dan konsep marketing mix sudah sangat lama hadir di dunia, namun kenyataannya konsepnya masih sesuai dengan perkembangan jaman saat ini.  Dengan perbedaan karakteristik jaman sekarang yang sudah globalisasi dan penggunaan perangkat digital membuat penyesuaian konsep marketing mix mesti dilakukan.

Berikut ini penjelasan lebih lengkap tentang apa itu marketing mix. Marketing mix adalah strategi pemasaran yang baik dan benar.  Tanpa alat marketing mix sebuah bisnis tidak akan berjalan lancar dan menguntungkan. Justru usaha akan semakin tenggelam dan gulung tikar.

Berikut ini empat elemen yang mesti terdapat pada marketing mix, antara lain :

1.Produk

2.Harga atau price

3.Tempat atau place

4. Promosi atau promotion

Demikianlah emelen-elemen penting pada marketing mix. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *