Mengenal Asal Usul Istilah Ditto Dalam Bahasa Inggris

swaberita.com  > Pendidikan >  Mengenal Asal Usul Istilah Ditto Dalam Bahasa Inggris
| | 0 Comments

Asal usul kata ‘ditto’ memiliki akar yang menarik dalam bahasa Inggris, lho! Apakah Anda pernah mendengar kata ini sebelumnya ketika belajar bahasa Inggris? Ternyata, kata ditto ini awalnya berasal dari bahasa Latin kuno.

 

Namun, kata dittol sendiri telah berevolusi dari penggunaan aslinya menjadi sebuah istilah umum dalam bahasa sehari-hari. Istilah ‘ditto’ sendiri berasal dari kata dalam bahasa Latin yaitu ‘dictus’, yang berarti ‘dikatakan’ atau ‘dinyatakan’.” Coba yuk cek sejarah dari munculnya kata ditto dalam bahasa Inggris!

 

Mengenal Asal-usul Istilah Kata Ditto

 

Dalam penggunaan modern, istilah “ditto” pertama kali digunakan dalam bahasa Inggris pada abad ke-17, dengan makna yang mirip dengan penggunaan saat ini, yaitu untuk menunjukkan pengulangan atau kesamaan dari sesuatu yang telah disebutkan sebelumnya.

 

Penggunaan istilah “ditto” mulai digunakan secara luas dalam konteks percetakan dan penulisan untuk menandai pengulangan dari kata, frasa, atau informasi yang sama.

 

Ketika ditulis, maka tanda “ditto” (“) sering dipakai untuk menandai repetisi dari teks atau merujuk pada informasi yang serupa dengan kata yang sebelumnya. Sementara dalam proses mengetik manual, tanda “ditto” digunakan untuk menggantikan kata-kata atau informasi yang sama dengan kata sebelumnya tanpa harus mengetik ulang, sehingga menghemat waktu dan usaha.

 

Adapun contoh percakapan kata ditto sendiri misalnya:

 

Tom: Don’t forget to also buy fruit!

 

Ann: Of course! (Ann menambahkan “buah-buahan” ke daftar) Oh, we also need cheese!

 

Tom: Yes, and also biscuits.

 

Ann: OK, so we have eggs, milk, bread, fruit, cheese, and ditto (Ann menulis “ditto” di samping “biskuit” sebagai tanda bahwa itu adalah item terakhir yang sama dengan yang disebutkan sebelumnya).

 

Percakapan di atas menunjukkan bagaimana kata “ditto” digunakan untuk menunjukkan pengulangan atau kesamaan dari kata atau informasi yang telah disebutkan sebelumnya. Dalam contoh ini, Ann menggunakan “ditto” untuk menunjukkan bahwa item terakhir yang disebutkan, yaitu “biskuit,” adalah item yang sama dengan yang disebutkan sebelumnya, yaitu “keju.”

 

Dengan demikian, asal usul kata “ditto” yang berasal dari bahasa Latin menunjukkan evolusi dan perubahan makna kata dari zaman ke zaman, dengan makna dasar tentang pengulangan atau kesamaan yang masih relevan dalam penggunaan modern.

 

Yuk belajar lebih jauh lagi mengenai asal usul kata dengan bergabung di EF Adults! Di tempat kursus belajar bahasa Inggris khusus dewasa ini, Anda bisa belajar banyak istilah lainnya dalam bahasa Inggris, tunggu apalagi?

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *