Lapis Kukus Pahlawan Oleh-Oleh Khas Kota Pahlawan

| | 0 Comments

Jika mengunjungi suatu kota di Indonesia untuk berwisata, jangan lupa membeli oleh-oleh makanan khas dari kota tersebut untuk keluarga atau tetangga. Setiap kota pastinya memiliki makanan atau jajanan khas, salah satunya Lapis Kukus Pahlawan khas Surabaya.

 

Setiap daerah di Indonesia memiliki jajanan tradisional yang khas dan terkadang hanya dapat ditemui di daerah tersebut. Oleh-oleh jajanan tradisional biasanya banyak dijumpai di tempat wisata atau juga mudah ditemui di toko-toko pinggir jalan.

 

Oleh-oleh atau buah tangan dapat berupa cinderamata, seperti pakaian, gantungan kunci, atau kain. Selain itu, oleh-oleh juga dapat berupa makanan atau jajanan. Untuk oleh-oleh berupa jajanan, pastikan untuk memilih jajanan yang tahan lama sampai pulang ke rumah.

 

Oleh-Oleh dari Kota Pahlawan, Surabaya

Kota Surabaya memiliki sejarah tersendiri yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia. Puncak perjuangan arek-arek Surabaya terjadi pada tanggal 10 November 1945. Sejarah ini juga yang membuat Surabaya mendapat julukan sebagai Kota Pahlawan.

 

Surabaya memiliki berbagai makanan khas tradisional, seperti lontong balap, rawon, tahu tek, dan krengsengan. Selain makanan, ada pula jajanan yang mungkin sudah sering didengar, yaitu rujak cingur, getas, carabika, jongkong, dan cakue.

 

Namun, untuk makanan yang teksturnya basah tidak dapat dijadikan oleh-oleh. Jika ingin membeli oleh-oleh, pilihlah jajanan khas dari kota tersebut yang dikemas dengan rapi, seperti menggunakan dus atau mika.

 

Berbicara tentang oleh-oleh khas Surabaya, perlu juga membahas tentang salah satu jajanan khas kota ini yang dapat dijadikan oleh-oleh, yaitu kue lapis. Kue lapis memiliki berbagai jenis dan beragam bahan utama yang digunakan.

 

Salah satu kue lapis khas Surabaya yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh khas Surabaya dan terkenal adalah Lapis Kukus Pahlawan.

Apa Itu Lapis Kukus Pahlawan?

Seiring perkembangan zaman dan modernisasi, modifikasi pada makanan pun juga dilakukan agar lebih bervariasi dan dapat menyentuh semua lapisan masyarakat dari segi usia. Kue lapis termasuk ke dalam jajanan tradisional yang sampai saat ini masih terus diproduksi.

 

Lapis Kukus Pahlawan menjadi salah satu oleh-oleh khas Surabaya yang terkenal. Hal yang membedakan kue lapis ini dengan kue lapis yang lain adalah cara pengolahannya. Biasanya, kue lapis diolah dengan cara dioven menggunakan oven listrik.

 

Namun, Lapis Kukus Pahlawan diolah dengan cara dikukus. Produk ini menjadi pelopor kue lapis yang diolah secara dikukus di Surabaya. Lapis Kukus Pahlawan terdiri dari dua layer atau lapis dan diberi butter cream serta topping di bagian atasnya.

●      Ciri Khas Lapis Kukus Pahlawan

Modifikasi pada Lapis Kukus Pahlawan dapat dilihat dari segi varian rasanya. Biasanya, lapis hanya memiliki rasa manis saja dari gula. Akan tetapi, Lapis Kukus Pahlawan memiliki rasa yang manis dengan berbagai varian rasa yang dapat dibilang kekinian.

 

●      Varian Rasa dari Lapis Kukus Pahlawan

Varian rasa dari kue lapis ini terdiri dari rasa original, choco pandan, red velvet, stroberi, choco cookies, es teler, blackforest, terang bulan, dan rasa brownies.

 

Salah satu rasa yang unik adalah varian es teler. Varian ini memiliki rasa nangka, alpukat, dan pandan yang dilapisi dengan krim kelapa.

 

Selain itu, bahan utama yang digunakan juga cukup berbeda dari kue lapis yang lain. Lapis Kukus Pahlawan dibuat dari bahan utama berupa campuran tepung singkong dan tepung terigu. Tidak hanya itu, kue lapis ini juga diberi susu yang membuat tekstur jadi lebih lembut.

Harga Lapis Kukus Pahlawan

Jika ingin membeli oleh-oleh khas dari Kota Surabaya, jangan khawatir mengenai harganya. Kue Lapis Kukus Pahlawan dijual dengan harga yang tidak mahal. Harga Kue Lapis Pahlawan tentu saja sepadan dengan kualitas produknya yang selalu bagus dan fresh.

 

Daftar harga dari setiap varian rasanya berbeda-beda, tetapi tetap dibandrol dengan harga yang terjangkau.

 

Indonesia dikenal dengan kekayaan kulinernya, mulai dari makanan berat, jajanan, dan minuman. Setiap daerah di Indonesia memiliki oleh-oleh makanan atau jajanan dengan ciri khasnya masing-masing. Misalnya saja Kota Surabaya yang juga memiliki jajanan yang khas.

 

Jika ingin membawa oleh-oleh jajanan kue Lapis Kukus Pahlawan khas Surabaya untuk keluarga di rumah dapat dibeli di toko dan mitra resmi atapun melalui online di marketplace Tokopedia, Shopee dan CS order. Info lebih lanjut kunjungi http://lapispahlawan.co.id/.

 

Semoga bermanfaat 😊

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *