Inilah Hal-hal yang Menjebak Dibalik Pinjaman Kilat Online

| | 0 Comments
pinjaman kilat online

Masyarakat di era modern seperti sekarang ini memang diberikan banyak kemudahan dalam menjalani kehidupan. Masalah hiburan semuanya bisa didapatkan secara online, begitu juga dengan ketika Anda ingin berbelanja dalam memenuhi kebutuhan hidup juga bisa dilakukan online. Bahkan sekarang ini juga hadir keberadaan fintech yang tawarkan pinjaman kilat online. Seperti namanya, Anda nantinya akan diberikan kemudahan dalam mengajukan pinjaman kesini, karena memang bisa dilakukan online berbekal perangkat teknologi yang dimiliki.

 

Pinjaman online memang sebuah gebrakan baru di era teknologi, dimana Anda memang diberikan sebuah kemudahan karena dapat mengajukan atau apply secara online hari ini juga, bahkan beberapa jam kemudian nantinya uang pinjaman tersebut akan langsung masuk ke rekening Anda. Namun di balik itu semua ternyata juga ada banyak hal yang menjebol dari perusahaan keuangan online atau fintech ini, yang nantinya akan merugikan masyarakat. Tak jarang kasus masyarakat yang sampai bunuh diri bahkan juga mengalami depresi karena hutang pinjol yang tak kunjung berakhir tersebut.

 

Untuk itulah hendaknya harus waspadai dibalik jebakan dari pinjaman online tersebut, berikut ini diantaranya ragam jebakan yang harus Anda waspadai, yaitu:

 

  1. Mengajukan banyak pinjaman sekaligus, jebakan yang pertama adalah membuat Anda mengajukan banyak pinjaman sekaligus, karena sekarang ini keberadaan fintech juga tidak hanya ada satu. Melainkan begitu banyak dan semuanya menawarkan produk pinjamannya masing-masing dengan plafon yang relatif kecil. Karena mungkin tidak sesuai dengan jumlah yang Anda butuhkan. Hal inilah yang kemudian membuat sebagian orang tak cukup hanya mengambil satu pinjaman saja, melainkan dengan mengambil beberapa jenis pinjaman sekaligus. Sehingga hutang juga jadi menumpuk dimana-mana. Kondisi ini membuat Anda nantinya akan berat dalam melunasi hutang tersebut.
  2. Bunga pinjaman yang tinggi, hal lainnya yang juga patut Anda waspadai adalah dari segi beban bunga pinjaman tersebut. Produk pinjaman online ini pada dasarnya termasuk dalam KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Sebagaimana yang Anda ketahui bahwa memang produk KTA ini menawarkan bunga yang begitu tinggi, lebih tinggi dibandingkan dengan Kredit Multiguna, hanya saja pada pinjaman online nilainya memang sudah di atas rata-rata. Sehingga jangan terburu-buru dalam mengajukan pinjaman. Ada baiknya bagi Anda untuk survey terlebih dahulu antara satu lembaga keuangan dengan yang lainnya.
  3. Beban biaya tambahan yang begitu banyak, selain beban bunga, maka wajib untuk diketahui bahwa ada juga beban biaya lainnya yang akan dibebankan kepada Anda, biaya provisi, biaya di muka dan sejenisnya. itulah yang membuat Anda tidak akan mendapatkan uang pinjaman dalam jumlah genap sesuai dengan yang diminta, melainkan sudah dipotong dengan biaya-biaya lainnya.
  4. Debt collector, sekarang ini semua lembaga keuangan apalagi yang menawarkan pinjaman akan menggunakan jasa debt collector untuk menagih hutang tersebut. Bahkan sering kali mereka menagih hutang tidak secara baik-baik, melainkan dengan menggunakan ancaman. Tak jarang juga diantaranya yang memakai kekerasan secara fisik. Sehingga membuat nasabah juga bisa mengalami gangguan psikis jika hal ini dilakukan dalam jangka waktu panjang.

 

Jangan sampai Anda sampai terkena jebakan tersebut, untuk itu selektif dalam memilih lembaga penerbit pinjaman kilat online ini. Bukan sekedar kemudahan bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman tersebut, melainkan harus dengan pertimbangan lain yaitu kedepannya apakah sanggup untuk melunasi hutang tersebut ataukah tidak.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *