Disentil Rinni, Kekeyi Diduga Plagiat Lagu Aku Bukan Boneka, Pencipta Lagu : Itu Mengambil Hak Saya

| | 0 Comments

Pencipta lagu Aku Bukan Boneka yang dipopulerkan oleh Rinni Wulandari, Novi Umar ikut buka suara terkait dengan dugaan plagiarisme oleh Rahmawati Kekeyi. Ya, single pertama Kekeyi yang berjudul Keke Bukan Boneka disebut mirip dengan lagu Rinni berjudul Aku Bukan Boneka. Lagu Aku Bukan Boneka yang rilis pada tahun 2008 itu memang sempat melejitkan nama Rinni Wulandari.

Dan kini di tahun 2020, Kekeyi merilis lagu berjudul Keke Bukan Boneka dengan potongan lirik yang mirip dengan lagu Aku Bukan Boneka dari Rinni. Mengetahui hal tersebut, pencipta lagu Aku Bukan Boneka, Novi Umar pun akhirnya buka suara. Seolah gusar, Novi Umar tampak terkejut kala mengetahui lirik dan nada lagu yang pernah ia ciptakan untuk Rinni kini justru 'diplagiat' oleh Kekeyi.

Karenanya, Novi Umar pun mengurai tanggapannya. FOLLOW US : Sebelumnya diwartakan, lagu Kekeyi yang berjudul Keke Bukan Boneka menjadi sorotan di media sosial.

Hal tersebut lantaran lagu Keke Bukan Boneka menjadi trending 1 di Youtube. Belum 24 jam rilis, lagu Keke Bukan Boneka menjadi viral dan bahkan menggeser kedudukan duet Lady Gaga dan BLACKPINK di platform Youtube. Sadar akan fenomena tersebut, Rinni Wulandari ikut menyorotinya.

Bukan tanpa alasan, Rinni Wulandari rupanya sadar akan lirik lagu Keke Bukan Boneka itu mirip dengan lagunya terdahulu. Karenanya melalui laman Instagram nya, juara 1 Indonesian Idol 2008 itu pun mengurai tanggapannya kala melihat video klip Kekeyi. Dengan bahasa satire, Rinni Wulandari tampak menyanyikan bagian reff lagu Kekeyi tersebut.

"Karena post yang tadi aku bilang pengin lanjutin nyanyiin partnya, jadi banyak yang DM minta untuk dinyanyiin partnya lanjutannya. Jadi yaudah deh," tulis Rinni Wulandari. Rinni lantas menyanyikan ulang lagu Keke Bukan Boneka dengan suara merdunya. "Keke Bukan Boneka," nyanyi Rinni.

Sentilan yang diurai Rinni Wulandari kepada Kekeyi itu cukup menyita perhatian publik. Dan kini setelah Rinni, pencipta lagu Aku Bukan Boneka, Novi Umar pun ikut memberikan komentar. Melalui kanal Youtube nya, Novi Umar melayangkan tanggapannya kala melihat lagu yang ia ciptakan kini 'dijiplak' sepenggal liriknya.

Lebih lanjut, Novi Umar pun mengaku bisa memaklumi jika Kekeyi tidak mengerti soal karya cipta. Namun, Novi Umar menyayangkan sikap dari manajemen atau label tempat Kekeyi merilis single nya. "Saya mungkin akan memaklumi si penyanyi ini. Karena si penyanyi ini bukan penyanyi yang memiliki album. Jadi mungkin dia tidak paham tentang karya cipta, hak kekayaan intelektual seseorang,"

"Tapi yang saya sayangkan adalah saya yakin si penyanyi ini memiliki manajemen atau manajer atau label yang dia rilis," ucap Novi Umar. Mengulang lagu ciptaannya, Novi Umar pun menjabarkan kemiripan lagu Keke Bukan Boneka dengan Aku Bukan Boneka. "Part nya memang pendek ya, kalau part aslinya 'Aku bukan boneka, boneka'. Nah itu diganti 'Keke bukan boneka, boneka'. Part ini salah satu part yang menjadi semacam kaya racunnya di lagu Aku Bukan Boneka," pungkas Novi Umar.

Bercermin dari lirik lagu tersebut, Novi Umar mengaku jadi merasa diambil haknya tanpa izin. "Itu menurut saya sama saja dengan mengambil hak saya. Tanpa seizin saya. Saya akan respek seandainya berkomunikasi dengan saya pribadi atau sony music sebagai label tempat saya bernaung," ungkap Novi Umar. Meski gusar, Novi Umar mengaku tidak mau mempermasalahkannya.

Namun, Novi Umar menyerahkan semuanya pada label Sony Music yang merilis lagu Aku Bukan Boneka. Lagu baru milik Rahmawati Kekeyi Putri Cantikka berjudul Keke Bukan Boneka merajai trending di Youtube hari ini, Sabtu (30/5/2020). Belum 24 jam dirilis, lagu perdana milik Kekeyi berjudul Keke Bukan Boneka itu berhasil menggeser tahta Lady Gaga x BLACKPINK.

Ya, beberapa waktu lalu, Lady Gaga dan BLACPINK merilis lagu duet perdana mereka berjudul Sour Candy. Lagu berbahasa Korea dan Inggris itu pun sempat menjadi juara trending di Youtube. Namun tak bertahan lama, tahta Lady Gaga dan BLACKPINK direbut oleh Kekeyi.

Dengan lagu berjudul Keke Bukan Boneka, video klip Kekeyi telah ditonton lebih dari satu juta penonton. Kurang dari 24 jam, video klip Kekeyi Keke Bukan Boneka itu berhasil menembus trending nomor satu. Dengan riasan tebal, Kekeyi pun berjoget ditemani oleh model video klip pria di samping kanan dan kirinya.

"Ucapanmu manis di bibir saja. Buatku luluh jadinya. Semua cinta yang kamu berikan. Ternyata hanya settingan," nyanyi Kekeyi. Sambil berjoget, Kekeyi pun membawa sebuah boneka. Kekeyi lantas melantunkan lirik yang seolah sesuai dengan kontroversinya.

"Aku bukan boneka, boneka," kata Kekeyi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *