Cara Memutihkan Gigi Secara Alami

swaberita.com  > Kesehatan >  Cara Memutihkan Gigi Secara Alami
| | 0 Comments
Memutihkan Gigi Alami

Tidak sedikit orang yang ingin mengetahui cara memutihkan gigi alami agar senyum terlihat lebih indah dan menawan. Anda bisa mewujudkannya dengan melakukan beberapa cara, mulai dari menjaga kebersihan mulut hingga berhenti merokok.

 

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan gigi menguning, mulai dari konsumsi teh atau kopi secara berlebihan, sering merokok, kebiasaan menyikat gigi yang tidak tepat, hingga penipisan email gigi seiring bertambahnya usia.

 

Bagaimana Cara Memutihkan Gigi Secara Alami?

 

Gigi yang menguning memang bisa mengganggu penampilan dan mengurangi rasa percaya diri. Namun jangan khawatir, karena ada beberapa cara memutihkan gigi secara alami yang bisa dengan mudah Anda coba lakukan sendiri di rumah, di antaranya:

 

1. Menjaga kebersihan gigi dan mulut

 

Langkah utama yang bisa Anda lakukan untuk memutihkan gigi secara alami adalah dengan menjaga kebersihan mulut dan gigi yang baik. Menyikat gigi secara teratur, setidaknya dua kali sehari, dapat membantu mencegah dan mengurangi penumpukan noda yang menyebabkan gigi terlihat kuning.

 

Setelah menyikat gigi, Anda juga disarankan untuk membersihkan sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi menggunakan benang gigi. Jika perlu, gunakan obat kumur untuk hasil yang maksimal.

 

2. Sikat gigi dengan soda kue

 

Menyikat gigi dengan pasta berbahan dasar baking soda sudah lama dipercaya berkhasiat untuk memutihkan gigi secara alami. Oleh sebab itu, tidak sedikit produk pasta gigi yang menggunakan baking soda sebagai salah satu bahan utamanya.

 

Selain membeli produk pasta gigi yang mengandung baking soda, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah, dengan mencampurkan satu sendok teh baking soda dengan dua sendok teh air.

 

3. Mengkonsumsi buah dengan kandungan asam malat

 

Asam malat merupakan zat alami dalam buah yang diklaim mampu memutihkan dan mengurangi noda pada gigi. Untuk mendapatkan manfaat asam malat ini, Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan, seperti stroberi, semangka, dan apel.

 

Selain mengonsumsi buah-buahan yang mengandung asam malat, Anda bisa mencoba nanas, jeruk, dan pepaya yang juga diklaim ampuh memutihkan gigi secara alami.

 

4. Berkumur dengan minyak kelapa

 

Berkumur dengan minyak nabati, seperti minyak kelapa, juga bisa menjadi pilihan Anda untuk memutihkan gigi secara alami. Pasalnya, minyak kelapa mengandung asam laurat yang bisa mengurangi peradangan di mulut dan membunuh bakteri penyebab penumpukan plak dan kerusakan gigi.

 

Jika Anda tertarik untuk mencobanya, Anda bisa berkumur atau melakukan oil pull dengan 1 sendok makan minyak kelapa selama 15-20 menit setiap hari. Namun, Anda tetap harus berhati-hati agar tidak menelan minyak kelapa. Setelah selesai berkumur, bersihkan mulut dengan sikat gigi seperti biasanya.

 

5. Berhenti merokok

 

Tembakau pada rokok merupakan salah satu penyebab timbulnya noda pada gigi yang sulit dibersihkan. Dalam jangka panjang, merokok bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada mulut, seperti radang gusi bahkan kanker mulut.

 

Tidak hanya memutihkan gigi secara alami, berhenti merokok juga dapat membantu tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari resiko penyakit lain akibat merokok, seperti penyakit stroke, jantung, dan kanker paru-paru.

 

Selain beberapa cara di atas, Anda juga disarankan untuk mengurangi konsumsi minuman yang bisa mengubah warna gigi Anda, seperti kopi, teh, dan soda. Jika memungkinkan, gunakan sedotan untuk meminumnya atau gosok gigi segera setelah mengonsumsi minuman tersebut untuk mencegah noda menempel pada gigi.

 

Demikian penjelasan atau ulasan yang dapat saya berikan di artikel tentang bagaimana cara Cara Memutihkan Gigi Secara Alami yang perlu diketahui untuk orang awam. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pembaca dan jangan lupa untuk mengunjungi artikel lainnya diwebsite ini dan tentunya juga bermanfaat untuk diterapkan dikehidupan sehari-hari, terimakasih.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *