Cara Membuat Kolang Kaling Tidak Berbau Asam, Lengkap dengan Manfaatnya

| | 0 Comments

Kolang kaling adalah biji pohon aren yang berbentuk bulat atau lonjong berwarna putih transparan. Biji ini biasanya menjadi satu dari campuran sajian untuk berbuka puasa, di antaranya es buah. Namun, terkadang kolang kaling terasa berlendir dan berbau asam.

Hal itu terjadi karena saat dijual, kolang kaling direndam di dalam air biasa. Lantas bagaimana cara membuat kolang kaling tidak berbau asam? Untuk menghilangkan lendir pada kolang kaling, Anda bisa mencucinya di bawah air yang mengalir sampai bersih.

Lalu tiriskan kolang kaling yang telah bersih dari lendir tersebut. Mencuci kolang kaling di bawah air yang mengalir tidak menjamin bau asam akan hilang. Oleh karena itu, Anda perlu merendamnya di dalam air bekas cucian beras atau air tajin.

Rendam selama 1 jam sampai 2 jam kolang kaling, lalu bilas dengan air bersih kembali. Bilas kolang kaling hingga terasa kesat di tangan. Merebus kolang kaling dengan daun pandan dan daun jeruk dapat membuat biji ini memiliki aroma yang nikmat.

Daun pandan dan daun jeruk akan sangat efektif membuat bau asam kolang kaling hilang. Setiap 100 gram kolang kaling mengandung 91 miligram kalsium. Artinya, kolang kaling dapat menjadi satu dari sumber kalsium bagi tulang.

Kolang kaling juga dapat menjadi alternatif daripada mengonsumsi susu yang memiliki risiko kalori tinggi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para ahli, 100 gram kolang kaling mengandung hingga 0,69 gram protein, karbohidrat sebanyak 4,0 gram, dan serat kasar 0,95 gram. Selain itu kolang kaling memiliki kandungan air sebesar 94 persen, sehingga membuat tubuh Anda menjadi lebih segar stetlah mengonsumsi.

Kolang kaling juga mengandung gelatin yang menimbulkan rasa kenyang bagi pengonsumsinya. Kolang kaling memiliki kandungan zat galactomanan yang memiliki khasiat untuk menyembuhkan atau minimal dapat mengatasi penyakit radang sendi. Rebus kolang kaling tanpa menambahkan campuran apa pun untuk mengatasi radang sendi.

Kolang kaling mengandung air dan serat yang cukup banyak, di mana zat tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan sehingga dapat menghindari sembelit bahkan diare. Mengonsumsi 5 sampai 10 butir kolang kaling dapat memperlancar pencernaan. Getah pada kolang kaling dapat dimanfaatkan sebagai obat gatal pada tubuh.

Akan tetapi, untuk menerapkan manfaat ini diperlukan orang yang berpengalaman dalam mengobati gatal dengan buah kolang kaling.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *