Cara Membuat Batagor, Makanan Khas Bandung, Dilengkapi Tips Agar Tekstur Tidak Keras dan Kenyal

| | 0 Comments

Berikut ini cara membuat batagor, makanan khas Bandung yang enak dan mudah dibuat sendiri di rumah. Anda bisa membuat batagor dengan perpaduan tekstur renyah dan kenyal. Batagor dapat dikreasikan menjadi beberapa macam, seperti batagor tuna gulung dan batagor batagor ikan gabus.

Batagor tuna gulung bisa diolah selama 60 menit untuk 6 porsi. Namun, sebelumnya siapkan beberapa bahan yang diperlukan untuk membuat menu yang satu ini. Di antaranya ikan tuna (tuna pasar), ayam giling, daun bawang, bawang putih hingga garam.

Waktu:60 Menit Sajian:6 Porsi Lembar kulit pangsit

10 buah tahu putih ukuran kecil, dibelah 2 bagian 800 ml minyak untuk menggoreng 100 gram kentang, dihaluskan

100 gram tepung serbaguana 100 gram tepung terigu protein sedang 50 ml air

1/4 sendok teh garam 1/8 sendok teh merica bubuk 100 gram ikan tuna (tuna pasar) dihaluskan

100 gram ayam giling Batang daun bawang, diiris halus Siung bawang putih, dihaluskan

1/8 sendok teh penyedap rasa Sendok teh garam 1/2 sendok teh merica bubuk

1/2 sendok makan gula pasir Butir putih telur 150 ml air es

25 gram tepung sagu tani 20 gram tepung terigu protein sedang 250 gram kacang tanah kulit, digoreng

Siung bawang putih, digoreng Buah cabai merah keriting, digoreng 50 gram gula merah

3/4 sendok teh garam 750 ml air hangat Sendok makan air asam jawa dari 1 sendok makan asam jawa dan 5 sendok makan air

75 ml kecap manis 65 buah jeruk limau 25 gram acar timun dan wortel

1. Batagor, campur ikan tuns, ayam giling, daun bawang, bawang putih, penyedap rasa, kaldu ayam bubuk, garam, merica bubuk, dan gula pasir, uleni rata. 2. Masukkan putih telur dan air es, seta uleni rata. Tambahkan tepung sagu dan tepung terigu, aduk sampai kalis dan bagi 3 adonan.

3. Ambil satu bagian isi, ambil 2 lembar kulit pangsit. Rekatkan bagian ujung masing masing kulit pangsit. Oles dengan adonan isi, gulung, bungkus dengan plastik.

Ikat dan lakukan hingga adonan habis. 4. Kukus di atas api sedang 30 menit hingga matang. Goreng hingga kecokelatan. Potong potong.

5. Ambil satu bagian adonan isi dan tambahkan kentang. Bungkus dengan plastik, ikat, kukus dan celupkan di dalam bahan pencelup. Goreng hingga matang, potong potong

6. Satu bagian adonan lagi dioleskan di atas selembar tahu. Tutup dengan tahu lainnya, gulingkan di atas tepung serbaguna. Goreng hingga matang, kemudian potong potong.

7. Sambal kacang, haluskan kacang tanah, bawang putih, cabai merah keriting, gula merah, dan garam. Tuang air hangat, masak sambil di aduk sampai kental, tambahkan air asam jawa dan aduk rata. 8. Sajikan batagor, kentang dan tahu bersama saus dan pelengkap.

Durasi:60 Menit Sajian:6 Porsi 12 lembarkulit pangsit

Buahtahu putihukuran kecil, dibelah dua segitiga, dikeruk tengahnya 500 ml minyak untuk menggoreng 250 gramdaging ikan gabus, dihaluskan

Batang daun bawang, diiris halus Siung bawang putih, dihaluskan 1/2 sendok tehpenyedap rasa/vetsin

Sendok teh garam 1/4 sendok teh merica bubuk Sendok teh gula pasir

Putih telur 150 ml air es 125 gramtepung sagutani

20 gram tepung terigu protein sedang 300 gram kacang tanah kulit, digoreng Siung bawang putih, digoreng

Buah cabai merah keriting, digoreng 50 gram gula merah Sendok teh garam

750 ml air hangat Sendok makan air asam jawa dari 1 sendok makan asam jawa dan 5 sendok makan air 75 mlkecap manis

Buah jeruk limau, dipotong potong 1. Campur ikan gabus, daun bawang, bawang putih,penyedap rasa, garam, merica bubuk, dan gula pasir, uleni rata. 2. Masukkan putih telur dan air es, uleni rata.

Tambahkantepung sagudan tepung terigu, dan aduk sampai kalis. 3. Bagi 2 adonan, satu bagian isi ke dalamtahu putih. Kukus 30 menit dengan api sedang sampai matang dan dinginkan.

4. Sisa adonan masukkan dalamkulit pangsit. Lipat 2 membentuk segitiga lalu pertemukan kedua ujungnya, rekatkan dengan air. 5. Gorengbatagordi dalam minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.

6. Sambal kacang, haluskan kacang tanah, bawang putih, cabai merah keriting, gula merah, dan garam. Tuang air dan masak sampai kental. Tambahkan air asam jawa, aduk rata.

7. Sajikanbatagorbersama saus dan pelengkapnya. 1. Tahu cina atau tahu putih adalah bahan utamanya karena tahu harus enak dan tidak asam. 2. Isi batagor biasanya dari ikan, tetapi bisa juga dari daging ayam.

Untuk menekan harga, banyak orang mencampur ikan dan ayam sekaligus. 3. Gunakan 2 jenis tepung yaitu terigu dan sagu. Kombinasi keduanya akan menghasilkan adonan empuk, tidak terlalu kenyal atau mudah patah.

Perbandingan tepung sagu dan terigu adalah 5:1. Jadi, 100 gram tepung sagu diimbangi 20 gram tepung terigu. 4. Mengaduk adonan jangan terlalu kuat dan sering.

Pengadukan yang terlalu kuat dan sering akan mengakibatnya adonan jadi keras. 5. Batagor biasanya menggunakan putih telur. Ingat, jangan terlalu banyak menggunakan telur.

Telur yang terlalu banyak karena akan membuat mengerut ketika selesai digoreng. Untuk kurang lebih 250 gram daging, biasanya hanya digunakan 2 buah putih telur. 1. Batagor perlu dikukus dulu supaya matang sempurna.

2. Setelah dikukus, batagor baru digoreng. Menggorengnya sebentar saja, hanya untuk mendapatkan warna dan tekstur renyah. 3. Setelah dikukus, selalu istirahatkan batagor sampai dingin betul baru digoreng.

Telur yang terlalu banyak akan membuat mengerut ketika selesai digoreng. Untuk kurang lebih 250 gram daging, biasanya hanya digunakan 2 buah putih telur. 1. Batagor perlu dikukus dulu supaya matang sempurna.

2. Setelah dikukus, batagor baru digoreng. Menggorengnya sebentar saja, hanya untuk mendapatkan warna dan tekstur renyah. 3. Setelah dikukus, selalu istirahatkan batagor sampai dingin betul baru digoreng.

Jika masih panas, batagor akan lengket saat digoreng dan menyerap minyak. 4. Menggoreng harus di dalam wajan berisi minyak banyak agar batagor matang sempurna dan warnanya cokelat merata. 5. Jangan simpan batagor di freezer supaya tahu tidak berlubang lubang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *