Belajar Pemrograman Yang Efektif

| | 0 Comments
kursus pemrograman

Tuntutan di era industri 4.0 yang serba digital ini membuat kita sebagai generasi milenial harus serba bisa dan tidak tertinggal. Untuk itu kita perlu memahami teknologi hingga setidaknya mengerti apa itu pemrograman, karena di era ini banyak sekali industri yang sudah memakai teknologi, dan jika kalian ketahui bahwa di perusahaan sudah banyak sekali kebutuhan untuk orang-orang yang memahami teknologi, sampai pada tahap dapat menciptakan aplikasi.

Maka dari itu, jika kita baru akan memulai belajar pemrograman, ada beberapa langkah yang harus dipahami agar belajar pemrograman yang diikuti menjadi efektif dan terstruktur.

Mencari Informasi

Jika kita masih belum yakin untuk mulai belajar pemrograman atau belum mengetahui rencana apa yang akan dilakukan setelah belajar, ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang bisa kita dapatkan dari pembelajaran dan bagaimana langkah selanjutnya. Kita bisa memulai dengan membuka website kursus pemrograman seperti Nextgen, atau mencari komunitas pemrograman dengan bahasa tertentu, atau bisa juga dengan mencari di internet kemudian mengaplikasikan secara perlahan. Belajar pemrograman itu sendiri menjadi suatu investasi yang membutuhkan waktu dan juga uang.

Memilih Tempat Kursus

Pemrograman merupakan salah satu bidang yang saat ini banyak ditawarkan di berbagai tempat kursus. Setelah kita mengetahui informasi-informasi pada poin satu, maka selanjutnya adalah memilih tempat belajar yang bisa membantu untuk berkembang. Banyak sekali jenis kursus pemrograman yang muncul akhir-akhir ini. Hal ini mungkin karena kebutuhan programmer yang semakin meningkat dari tahun ke tahun. Begitu juga tren untuk menjadi seorang programmer juga semakin naik.

Contoh kursus pemrograman yang paling lazim adalah kursus pemrograman di dalam kelas. Kursus pemrograman jenis ini mengumpulkan peserta kursus dalam kelas untuk satu periode atau gelombang pelaksanaan kursus. Biasanya satu kelas berisi lima sampai belasan peserta. Jumlah peserta yang sedikit akan membantu peserta untuk lebih efektif mengikuti jalannya kursus.

Kursus pemrograman jenis lain adalah kursus pemrograman dengan video e-learning. Kursus pemrograman jenis ini memanfaatkan youtube atau media video online lain. Biasanya kursus pemrograman jenis ini bersifat gratis.

Sekarang juga banyak bermunculan kursus pemrograman online yang bersifat interaktif. Kursus pemrograman online interaktif ini biasanya berbayar. Jenis kursus ini menggunakan berbagai media yang bersifat online seperti video e-learning, tutorial online melalui website, tatap muka melalui video call bahkan ada juga yang memakai aplikasi atau sistem khusus sebagai penunjang.

Berkomitmen

Setelah menemukan tujuan dan tempat untuk bisa membantu mempelajari, maka langkah selanjutnya adalah komitmen. Belajar pemrograman itu sendiri bisa jadi berat, namun bisa menjadi menyenangkan setelah menemukan seninya. Banyak orang yang akhirnya berhenti di tengah jalan karena mereka menganggap belajar pemrograman merupakan sesuatu yang rumit terutama jika mereka memilih belajar mandiri di awal.

Namun beda halnya jika belajar bersama teman atau mentor, tentu kita akan dibantu jika ada kesulitan. Jangan pernah takut menginvestasikan uang dan waktu untuk memperoleh guru terbaik, karena di era sekarang sebagai generasi muda investasi merupakan suatu kebutuhan.

Perlu diingat bahwa pemrograman adalah skill yang menjadi list wajib untuk para millenials di era industri 4.0, apalagi mengingat bahwa era yang terus berkembang dan banyak perusahaan-perusahaan yang sangat membutuhkan ahli teknologi terutama ahli IT. Perusahaan digital adalah perusahaan yang paling banyak menyerap tenaga ahli pemrograman. Sistem atau aplikasi digital sudah pasti membutuhkan tenaga ahli yang bisa programming.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *