Apa itu Market Share & Manfaatnya Dalam Bisnis

swaberita.com  > Bisnis >  Apa itu Market Share & Manfaatnya Dalam Bisnis
| | 0 Comments
apa itu market share

Persaingan dalam bisnis yang semakin ketat mengharuskan para pengusaha memberikan ide terbaik dalam meningkatkan usahanya. Cara yang bisa digunakan untuk atasi kondisi ini adalah mempelajari istilah-istilah dalam bisnis salah satunya market share. Apa itu Market Share dan apa manfaatnya?

 

Apa itu Market Share dan Apa manfaatnya?

 

Market share atau pangsa pasar merupakan persentase dari jumlah penjualan dalam suatu industri yang dihasilkan oleh suatu perusahaan. Melakukan penghitungan market share bisa dilakukan dengan menghitung penjualan perusahaan periode tertentu. Berikut ini manfaat dari Market Share:

 

1. Indikator Keberhasilan Bisnis

 

Apa itu market share? Market share dapat juga dijadikan sebagai indikator keberhasilan sebuah perusahaan.Tingkat pangsa pasar semakin besar, membuat perusahaan dapat berjalan dengan mulus menuju titik keberhasilan.

 

Hal serupa juga berlaku pada penurunan, apabila tingkat pangsa pasar menurun berarti perusahaan juga sedang berjalan tidak stabil. Keadaan ini bisa juga disebabkan oleh strategi marketing yang diterapkan kurang pas dengan riset penelitian.

 

2. Indikator Keuntungan Bisnis

 

Tidak hanya berfungsi sebagai indikator keberhasilan perusahaan, market share juga berguna sebagai tolak ukur keuntungan. Pangsa pasar di sini dapat berperan sebagai alat mendeteksi profitabilitas atau keuntungan yang terdapat pada perusahaan.

 

Penghitungan pangsa pasar yang besar, dapat membuat pengusaha mengetahui bagaimana kondisi perusahaan di masa mendatang. Alternatif yang bisa dilakukan untuk melakukan hal ini yaitu dengan cara membandingkan keuntungan perusahaan dari tahun ke tahun.

 

3. Mengetahui Posisi Bisnis

 

Market share juga bisa digunakan sebagai media untuk mengetahui posisi bisnis yang tengah dijalani. Hal ini dapat berpengaruh terhadap jasa atau layanan yang diberikan. Mengetahui posisi bisnis juga dapat dijadikan sebagai referensi melakukan promosi dengan strategi yang pas.

 

Posisi bisnis yang sudah diketahui, juga membuat pengusaha bisa mengambil tindakan jika perusahaan sedang mengalami penurunan. Hal ini juga berlaku sebaliknya, posisi bisnis yang sudah diketahui membuat pengusaha dapat melihat grafik perusahaan sudah layak menjadi pemimpin pasar atau belum.

 

Keuntungan Menggunakan Market Share

 

Terdapat banyak sekali keuntungan yang dapat dilakukan oleh pengusaha pada saat menerapkan market share dalam bisnis tertentu. Keuntungan tersebut juga bisa dirasakan oleh karyawan yang berperan sebagai pihak terlibat dalam bisnis. Berikut keuntungan menggunakan Market Share:

 

    • Profit dan keuntungan yang diperoleh perusahaan semakin banyak dan maksimal
    • Kinerja pegawai semakin meningkat
    • Kuantitas dan kualitas produk yang dihasilkan semakin tinggi
    • Terhindar dari berbagai permasalahan keuangan salah satunya terjadi PHK (pemberhentian hubungan kerja)
    • Penjualan semakin meningkat
    • Posisi keuangan perusahaan stabil
    • Membuat pengusaha bisa menentukan strategi marketing yang tepat
    • Membuat citra perusahaan semakin baik di khalayak umum
    • Perusahaan bisa berkembang pesat, bahkan berpeluang membuka banyak cabang
    • Minat masyarakat terhadap produk yang ditawarkan semakin tinggi (akibat promosi)

 

Sikap yang Harus dimiliki Pelaku Usaha Sebulum Menerapkan Market Share

 

Terdapat banyak sikap dan sifat yang harus dimiliki pelaku usaha dalam menerapkan market share. Poin ini juga menjadi salah satu titik atau poin penentu keberhasilan Market Share. Berikut ini sifat-sifat tersebut:

 

    • Leadership
    • Tanggung jawab
    • Problem Solving
    • Bisa mengambil keputusan dan menerima resiko
    • Jujur dan terbuka

 

Market share sangat penting dalam dunia bisnis. Banyak manfaat yang dapat diperoleh pengusaha jika menerapkan market share dalam setiap kegiatan yang dijalankan. Keberhasilan perusahaan sangat dipengaruhi oleh keberadaan market share.

Demikian artikel ini dibuat untuk menambah pengetahuan para pembaca tentang market share dan apa manfaatnya dalam bisnis, semoga bermanfaat dan terimakasih.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *