3 Jenjang Pelatihan Security

| | 0 Comments
pelatihan security

Satpam (Satuan Pengamanan) atau yang sering juga disebut dengan security merupakan satuan kelompok petugas yang biasanya dibentuk oleh badan usaha / proyek / instansi dengan tujuan untuk melakukan physical security atau keamanan fisik dalam rangka untuk menyelenggarakan keamanan surakarta di tempat lingkungan kerjanya.

Kepolisian Negara Republik Indonesia sadar bahwasanya polisi tidak mungkin bisa bekerja sendiri untuk mengemban fungsi kepolisian. Maka dari itu, lembaga satuan pengamanan dengan resmi dibentuk pada tanggal 30 Desember bertepat pada tahun 1980.

Apa Saja Jenjang Pelatihan untuk Security ?

 

Perlu diketahui bahwa dalam hal ini Security memiliki 3 Jenjang pelatihan, yang mana beberapa jenjang pelatihan tersebut dilakukan juga untuk mendapatkan sertifikasi satpam. Sementara untuk pelatihannya adalah sebagai berikut :

 

1. Gada Pratama (Dasar)

Gada Pratama adalah pelatihan dasar yang wajib diikuti bagi setiap calon anggota security. Pelatihan ini berlangsung selama empat minggu dengan jam pelajaran selama 232 jam. Materi pelatihannya meliputi etika profesi, interpersonal skill, fungsi dan peranan security, tugas pokok.

Selain itu juga pengetahuan baris – berbaris dan penghormatan, pemakaian tongkat polri dan borgol, pengetahuan tentang zat adiktif, psikotropika, dan narkotika, pengenalan latihan menembak, barang berharga, dan bahan peledak, bela diri, dan kemampuan kepolisian terbatas.

 

2. Gada Madya (Penyelia)

Gada Madya adalah pelatihan berikutnya yang dilakukan oleh para anggota security yang sudah mempunyai kualifikasi gada pratama pelatihan ini, yang mana pelatihan security ini  dijalankan selama dua minggu dengan jam pelajaran selama 160 jam.

 

3. Gada Utama (Manajer Keamanan)

Gada Utama adalah pelatihan yang dapat diikuti oleh siapa pun yang sudah berada di level yang setingkat manager, yaitu manager keamanan atau juga disebut dengan chief security officer. Sementara untuk jam pelajarannya yaitu selama  100 jam pelajaran.

Selain lembaga pendidikan kepolisian negara contohnya seperti Sekolah Polisi Negara, Hanya saja perusahaan yang telah mempunyai izin operasional dari kepala polri yaitu sebagai badan usaha jasa pendidikan serta latihan keamanan, maka bisa menyelenggarakan pelatihan dasar serta pelatihan lanjutan security.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *