Tujuan Jasa Pembuatan Studi Kelayakan

| | 0 Comments
Jasa studi kelayakan

Harapan terbesar ketika memulai sebuah bisnis yaitu mendapatkan kesuksesan. Usaha yang dapat berkembang, dapat memberi manfaat, serta mendapatkan keuntungan finansial. Salah satu cara agar dapat memastikan ide bisnis bisa berjalan sesuai keinginan yaitu dengan cara menggunakan jasa pembuatan studi kelayakan.

 

Studi kelayakan mempunyai peran vital dalam keberhasilan eksekusi ide menjadi suatu bisnis. Jasa pembuatan studi kelayakan bisa membantu anda melakukan kajian, penelitian, riset, dan audit agar bisnis tersebut dapat dipastikan biayanya untuk dijalankan.

 

Tujuan dari pembuatan studi kelayakan sendiri dapat memastikan dan mengukur kemungkinan kesuksesan atau kegagalan dari sebuah ide bisnis Dari tujuan tersebut, nampaknya sudah pasti bahwasanya studi kelayakan ini dikerjakan ketika baru merintis sebuah bisnis atau usaha.

 

Dan demi mendapatkan hasil yang maksimal, studi kelayakan harus sudah dilakukan ketika anda baru mempunyai ide baru dalam suatu bisnis. Jadi setelah mengetahui bahwa jasa studi kelayakan sangat penting,  maka selanjutnya Anda juga harus tahu tentang tujuan dilakukannya studi kelayakan. Berikut ini merupakan beberapa tujuan dari pembuatan studi kelayakan, antara lain yaitu :

 

Apa Saja Tujuan dari Pembuatan Studi Kelayakan ?

 

 

1. Memastikan ide dapat dijalankan Menjadi Bisnis

 

Hanya satu dari 50 ide yang dapat dikembangkan menjadi suatu bisnis. Itu berarti Anda dapat saja mempunyai beberapa bentuk ide yang unik, spesial, serta lain dari yang lain untuk memulai suatu bisnis yang spektakuler.

 

Tapi nantinya ketika dijalankan,  maka ide tersebut akan berhenti di satu titik. Dan lebih parahnya lagi jika ide tersebut justru dapat memberikan kerugian baik secara finansial maupun daya.

 

Tujuan dilakukannya suatu studi kelayakan yaitu agar memastikan hanya 1 ide anda yang dapat dijalankan dari 50 ide lainnya. Konsultan feasibility study dapat membantu anda dalam memastikan bahwa ide tersebut memang sangat layak untuk dijalankan di dalam bisnis anda.

 

2. Memperkecil Resiko

 

Resiko dalam bisnis merupakan salah satu  hal yang biasa terjadi, dan bisa terjadi kapan saja. Resiko rugi, gagal, dan bangkrut memang sering terbayang saat akan memulai bisnis atau usaha baru.

 

Studi kelayakan mempunyai tujuan dalam memperkecil semua resiko yang yang dapat terjadi tersebut. Dengan adanya studi kelayakan ini bisa membantu anda mempunyai antisipasi terhadap resiko yang mungkin bisa terjadi.

 

Sementara hal yang lebih menarik, resiko yang ditampilkan di dalam studi kelayakan bukan hanya berlaku saat bisnis belum dijalankan. Saat bisnis sudah berjalan sekalipun hasil riset atau data dari studi kelayakan dapat memperkecil potensi resiko.

 

Benarkan Perancanaan Bisnis Dapat Terbatu dengan Pembuatan Studi Kelayakan ?

 

 

3. Perencanaan bisnis

 

Tujuan pentingnya dari studi kelayakan yaitu pembuatan rencana bisnis. Studi kelayakan ini dapat membantu dalam proses membuat rencana bisnis dari ide yang anda miliki. Data serta informasi dari studi kelayakan dapat dipakai dalam memulai proses perencanaan.

 

Mulai dari proses rencana produksi, finansial dan modal, hingga strategi pemasaran. Semua informasi bisa anda dapatkan melalui studi kelayakan. Rencana bisnis menjadi tahapan dari studi kelayakan.

 

Setelah riset serta hasil data yang telah diperoleh. Selanjutnya melakukan rencana bisnis dengan berdasar kepada hasil studi kelayakan. Tentunya termasuk juga perencanaan dalam menghindari resiko kerugian serta kegagalan di dalam bisnis tersebut yang mungkin terjadi nantinya.

 

4. Pelaksanaan Bisnis

 

Studi kelayakan tak hanya berhenti di situ saja. Seperti yang telah kami uraikan di atas, bahwa hasil dari sebuah studi kelayakan akan terus digunakan saat bisnis berjalan. Pada saat pelaksanaan bisnis nantinya, sebuah data dari hasil riset studi kelayakan dapat membantu berjalannya usaha.

 

Tak hanya dapat menghindari kerugian saja, akan tetapi hal ini juga dapat melakukan pengawasan dan mengontrol usaha yang dijalani. Serta dapat mengatasi beberapa permasalahan yang mungkin terjadi.

 

Tujuan dalam pelaksanaan bisnis tersebut merupakan salah satu bagian lain tentang pentingnya dan alasan memakai jasa pembuatan studi kelayakan. Suatu bisnis dapat diukur keuntungan dan kerugiannya, dan dilakukan suatu antisipasi untuk suatu permasalahan dan resiko lewat studi kelayakan.

 

Itulah tujuan dari  jasa pembuatan studi kelayakan. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *