Tips Menulis Opini Agar Tayang di Pojok Opini

| | 0 Comments
opini

Banyak orang yang berusaha untuk membuat tulisan yang berkualitas agar bisa tayang di media massa. Salah satu tempat yang banyak dijadikan tujuan untuk memposting tulisan agar dibaca banyak orang adalah pojok opini dari opini.id. Ada beragam jenis tulisan yang dapat di publish di website ini. Anda juga bisa menghasilkan tulisan atau karya berupa opini kemudian dikirim ke website opini.id.

Mengirim tulisan di website yang sudah cukup besar seperti ini bisa dikatakan gampang-gampang susah.Tidak semua orang bisa menjadi kontributor. Namun jika Anda tertarik untuk bergabung, kesempatan masih terbuka. Jika Anda ingin membuat tulisan yang berkualitas maka ada beberapa tips menulis opini agar bisa diterima oleh pembaca dengan mudah.

Kiat Menulis Opini Berkualitas

Berikut ini adalah beberapa kiat yang bisa Anda ikuti agar tulisan yang dihasilkan memiliki kualitas yang bagus:

1. Menentukan Topik

Hal pertama yang harus dilakukan oleh setiap kontributor sebelum membuat tulisan adalah menentukan terlebih dahulu topik tulisan yang akan dibuat. Media seperti pojok opini memberikan kesempatan bagi setiap penulis untuk membuat tulisan dengan berbagai macam tema.

Anda bisa menulis opini tentang politik, pendidikan, sosial atau apapun. Cobalah untuk melihat contoh tulisan yang sudah pernah terbit agar Anda mengetahui kriteria tulisan yang dapat di publish.

Menentukan topik menjadi langkah utama yang wajib untuk dilakukan. Tanpa topik yang jelas, Anda akan merasa kesulitan untuk memulai sebuah tulisan. Hal yang terpenting, Anda sebaiknya membuat tulisan yang memang sesuai dengan kemampuan.

Ketika menulis sebuah opini dengan topik yang menarik dan memang anda kuasai, tentu tulisan yang dibuat akan semakin berkualitas. Gunakan bahasa yang bagus dan ikuti gaya bahasa dari tulisan yang sudah pernah di publish di website tersebut.

2. Membuat Kerangka Tulisan

Kiat berikutnya yang juga sebaiknya dilakukan oleh setiap penulis yang ingin membuat opini adalah menyiapkan out line. Kerangka tulisan menjadi penting agar Anda bisa membuat tulisan yang terarah.

Mulailah dengan mempersiapkan judul kemudian lead, batang tubuh dan juga penutup. Dengan membuat online seperti ini maka Anda tidak akan merasa kebingungan ketika menuliskan opini. semakin mudah, buatlah sub-sub yang jelas atau list seperti yang sering dipakai dalam artikel artikel di website populer.

Artikel yang berupa opini, bisa mengangkat topik topik yang sedang trending saat ini. Buatlah judul yang menarik dan membuat seseorang tertarik untuk membuka isinya. Selanjutnya gunakan gaya bahasa yang mudah dipahami atau disesuaikan dengan audience.

Di dalam sebuah tulisan memang sebaiknya dilengkapi dengan lead atau pembukaan. Bagian ini bisa diisi dengan informasi mengenai inti utama dari opini yang akan dibuat oleh penulis. Gunakan bahasa yang kuat dan membuat orang semakin penasaran dengan detail informasi yang akan disampaikan.

3. Tulis Opini Menggunakan Referensi yang Jelas

Setiap kontributor perlu untuk menuliskan opininya dalam bahasa yang menarik. Buatlah paragraf yang tidak terlalu panjang namun memiliki konten yang berisi. Agar argumen atau opini yang disampaikan semakin kuat, Anda juga bisa menggunakan referensi. Pilihlah referensi yang memang memiliki data akurat agar tulisan semakin meyakinkan.

Anda bisa mengambil beberapa referensi yang akan mendukung tulisan. Akan tetapi jangan terlalu banyak memanfaatkan referensi karena justru nantinya tulisan Anda terlihat tidak profesional. Originalitas dari tulisan yang dibuat merupakan hal yang penting. Hindari menggunakan kata yang terlalu mirip dengan referensi agar tidak terdeteksi plagiarism.

4. Membuat Penutup

Setiap tulisan yang dibuat sebaiknya dilengkapi dengan penutup. Jangan biarkan tulisan Anda mengambang dan seolah-olah tidak ada kesimpulan yang bisa diambil. Kesimpulan dibuat dengan bahasa yang sederhana namun memuat keseluruhan topik.

Anda tidak harus menulis penutup dengan banyak kata. Buatlah penutup sebanyak maksimal 2 paragraf saja. Apabila Anda menulis pada media yang membatasi jumlah karakter, Anda tidak harus membuat penutup yang terlalu banyak.

Jika Anda ingin membuat tulisan untuk di posting di pojok opini, jangan malas untuk membaca syarat dan ketentuan. Tanpa mengetahui persyaratan tulisan, tulisan Anda akan sangat sulit untuk lolos seleksi. Para editor akan menyeleksi terlebih dahulu setiap tulisan yang masuk sebelum akhirnya dipublish.

Ikuti panduan yang telah disebutkan dalam website Anda juga bisa melihat tulisan yang sudah dipublish agar semakin mengetahui seperti apa kira-kira Anda harus membuat artikel. Gunakanlah gaya bahasa yang bagus dan mudah dipahami.

Kebanyakan dari para pembaca di website opini.id adalah dari kalangan muda. Buatlah bahasa yang lugas namun membuat audien seolah-olah diajak berdiskusi. Apabila kualitas artikel Anda bagus, para editor tentu tidak akan ragu untuk mempostingnya.

Namun jika ternyata tulisan atau opini yang dimuat masih ada kekurangan, setiap kontributor akan mendapatkan informasi untuk melakukan revisi. Bergabung menjadi salah satu penulis di pojok opini, bisa memberikan Anda pengalaman yang sangat bermanfaat.

Para kontributor bisa meningkatkan kemampuan menulis serta bisa bergabung bersama komunitas penulis di sana. Apabila ada pertanyaan mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan kirim tulisan atau apapun yang berkaitan dengan kontributor pojok opini, Anda tidak perlu ragu untuk bertanya melalui email yang telah disediakan. Semoga tips di atas bisa membantu Anda untuk bisa membuat opini yang berkualitas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *