Mengenal Penyakit Meningitis dan Cara Mengobatinya dari sehatQ.com

| | 0 Comments
Info Penyakit

Saat ini bisa dilihat jika semakin banyak sekali penyakit yang bertebaran dan mengancam kesehatan. Info penyakit paling sering di dengar selain corona virus adalah meningitis. Sebenarnya apa yang menyebabkan seseorang bisa terserang virus tersebut?

Pengertian Meningitis

Meningitis merupakan sebuah penyakit yang menyerang pada bagian otak. Sehingga jaringan di dalamnya akan mengalami peradangan dan pembengkakan. Tak sampai disitu saja membran yang membungkus otak dan tulang belakang juga akan mengalami kerusakan.

Belakangan ini Anda pasti sering melihat kasus meningitis pada beberapa publik figur tanah air, kebanyakan menyerah dan akhirnya berujung meninggal dunia. Namun bukan berarti penyakit satu ini tidak bisa disembuhkan.

Penyebab dari Meningitis

Banyak orang menyebutkan jika meningitis adalah penyakit menular. Kenyataannya memang iya namun tidak akan semudah itu. Info penyakit meningitis menyebutkan jika bakteri dan virus menjadi faktor penyebab paling kuat diantara lainnya. Keduanya juga punya pengaruh beda ke badan.

  1. Meningitis Karena Virus

Meningitis yang disebabkan oleh virus dan membuat penderitanya akhirnya mengalami diare, flu hingga demam tinggi secara mendadak. Bahkan ada beberapa kasus dimana penderitanya tidak akan merasa kesakitan selama beberapa saat sampai akhirnya berkembang jadi lebih serius.

Saat kecil dulu pasti Anda pernah mengalami sakit gondong, perlu diketahui jika hal tersebut juga bisa menjadi salah satu pemicu atas mengganasnya virus dan berubah menjadi meningitis. Polio juga dapat berubah ke meningitis jika tidak mendapatkan penanganan serius terkait hal tersebut.

2 Meningitis Karena Bakteri

Selanjutnya adalah penyakit meningitis yang bisa disebabkan oleh bakteri. Kondisi ini memang jarang terjadi, namun jika sudah menyerang ke dalam tubuh dan tidak mendapatkan pengobatan dengan baik maka akan mengakibatkan kematian. Lebih berbahaya dibandingkan dari virus.

Inilah yang mengakibatkan banyak orang akhirnya trauma hebat pasca sudah sembuh dari penyakit ini. Bagaimana tidak setiap hari mereka bisa merasakan rasa sakit kepala teramat sangat hingga telinga ikut terinfeksi. Jika menyerang bayi maka mereka bisa sangat menyakitkan.

3 Meningitis Karena Jamur

Terakhir adalah meningitis yang disebabkan oleh jamur. Keadaan yang sangat langka terjadi karena tubuh sudah terinfeksi dengan jamur dan menyebar ke otak sampai tubuh belakang. Beberapa jenis diantaranya adalah Cryptococcus, Blastomyces, Candida dan masih banyak lagi macamnya.

Hampir sama dengan infeksi karena virus, jamur juga bisa berakibat fatal bagi kesehatan. Penderitanya bisa sampai meninggal dunia jika tidak ditangani dengan serius. Apalagi di Indonesia pengobatannya masih terbatas, peralatan belum modern, hanya bisa dibantu sebisanya saja.

Antisipasi Dari Penyakit Meningitis

Banyak orang menganggap penyakit satu ini mematikan. Namun sebenarnya ada banyak hal bisa dilakukan untuk mencegah agar jangan sampai tubuh terinfeksi dengan bakteri, virus, maupun jamur. Salah satunya adalah hidup sehat dengan konsumsi makanan bergizi dan rajin minum air putih.

  • Menerapkan pola hidup sehat
  • Minum air dengan cukup
  • Cek kesehatan
  • Hindari penggunaan barang pribadi secara bersamaan
  • Rajin cuci tangan

Lakukan beberapa kegiatan di tas setiap hari, dengan begitu sistem kekebalan (imun) tubuh bisa meningkat. Namun, semua anggota keluarga juga harus menerapkannya agar bisa maksimal.

Info penyakit mengenai meningitis memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat agar bisa mengatasi situasi dan tidak panik. Sekarang ini sangat penting memperluas wawasan untuk selalu hidup sehat dan berimbang, agar tidak gampang terinfeksi dengan bakteri maupun virus.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *