Konsumsilah Makanan Berprotein Tinggi agar Daya Tahan Tubuh Terjaga

| | 0 Comments
makanan berprotein tinggi

Untuk menjaga kesehatan tubuh pastinya tubuh Anda membutuhkan sebuah kelengkapan kandungan gizi, seperti makanan berprotein tinggi, buah, daging, dan masih banyak lagi. Semuanya harus masuk dengan benar dan lengkap sehingga Anda bisa tetap sehat dan aktivitas seperti biasanya.

Bermacam-Macam Makanan Berprotein Tinggi

Sekarang iniĀ  mengetahui tingkatan gizi sebuah makanan sangatlah mudah. Ada berbagai informasi seperti majalah gizi, internet ataupun langsung datang ke dokter khusus. Nah dibawah ini juga menjelaskan bermacam-macam makanan berprotein tinggi yang harus Anda konsumsi setiap hari

  1. Telur

Pertama adalah telur, makanan berprotein tinggi satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi Anda. Kandungan didalamnya memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Sebab satu butirnya ada sekitar 6 gram protein dengan 78 kalori. Bisa membuat kenyang lebih lama walaupun tidak makan nasi.

Inilah yang menjadi alasan mengapa banyak orang menjadikan telur sebagai makanan sehat saat diet. Selain itu di dalamnya juga banyak kandungan vitamin, mineral, lemak sehat, dan masih banyak nutrisi lain untuk badan dan otak. Namun jangan terlalu sering konsumsi, bisa menimbulkan jerawat.

2 Daging

Salah satu makanan protein lain yang sebisa mungkin harus rajin dikonsumsi dalam takaran yang pas adalah daging. Bagian terbaik adalah dada ayam yang dikena sebagai makanan berprotein tinggi namun rendah lemakĀ  dibandingkan dengan porsi lainnya. Jika tanpa kulit maka ada 53 gram protein.

Selain dada ayam bagian terbaik lainnya adalah daging sapi yang kaya akan zat besi dan vitamin B12. Jadi selain mengenyangkan juga bisa memberikan Anda tenaga tambahan untuk beraktivitas setiap harinya, walaupun sudah seharian tidak makan nasi. Di dalamnya ada 185 kalori.

3 Olahan Susu dan Keju

Selanjutnya ada juga susu, keju beserta olahannya seperti Yoghurt. Ketiganya mempunyai kandungan protein cukup tinggi disertai dengan berbagai nutrisi lainnya yang baik untuk kesehatan tubuh maupun tulang. Jadi cocok bila dikonsumsi mereka yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Setiap hari Anda bisa minum susu skim atau susu rendah lemak agar kesehatan tulang dan gigi tetap kuat dan terjaga dengan baik. Selain bagus bagi remaja dalam masa pertumbuhan baik pula untuk mencegah tanda penuaan dini maupun osteoporosis pada kepadatan tulang menjelang usia senja.

4 Kacang-Kacangan

Kemudian ada juga sumber protein lainnya yang bisa Anda peroleh dengan harga murah saja, yakni kacang-kacangan. Seperti kacang polong, almond, buncis, kedelai, dan masih banyak lagi. Itulah mengapa makanan tahu dan tempe punya kandungan protein tinggi baik dikonsumsi setiap hari.

Bagi Anda yang sedang diet alternatif satu ini bisa dijadikan pilihan. Karena selain mudah didapatkan harganya juga tidak membuat kantong jadi kempes. Tak hanya itu saja, kacang juga dilengkapi dengan kandungan serat dan magnesium tinggi yang bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

5 Seafood

Terakhir ada seafood, hasil olahan dari hewan laut seperti salmon, udang, tuna. Tak hanya punya kandungan protein yang tinggi saja, melainkan juga ada omega-3 baik untuk kesehatan jantung juga. Seafood aman dikonsumsi setiap hari asalkan memenuhi syarat.

Setiap hari setidaknya Anda perlu konsumsi 85 gram protein saja, atau bisa coba konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan informasi sesuai kebutuhan tubuh lebih baik dan seimbang. Jadi tidak berlebihan.

Masih banyak lagi jenis protein bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu metabolisme semakin bagus. Protein sangat bagus untuk Anda yang sedang diet atau ingin mengurangi berat badan tanpa harus merasa tersiksa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *