Jual Mobil Bekas Di Dealer Mobil Atau Lelang Online, Untung Mana?

| | 0 Comments
lelang

Ada yang berencana untuk beli mobil baru, tapi di sisi lain ada juga yang sedang berusaha untuk menjual kendaraan. Tentunya lebih sulit menjual dibandingkan membeli, karena saat ingin membeli hanya membutuhkan uang yang cukup maka mobil baru akan diantar ke rumah. Sedangkan menjual mobil tentunya butuh waktu dan strategi yang jelas agar bisa cepat terjual. Sebenarnya ada 3 metode untuk menjual mobil yaitu secara langsung ke pembeli, dealer mobil bekas, dan program lelang online. Untuk metode jual langsung ke pembeli, tentunya agak sulit dan juga akan menghabiskan waktu karena harus bertemu langsung untuk mengecek keadaan mobil dan belum tentu mobil akan terjual. Jadi masih ada 2 metode lagi yang mesti dipertimbangkan yaitu titip di dealer atau mengikuti lelang.

lelang

 

 

Untuk membantu penjual memilih metode mana yang efektif, berikut ini akan dibandingkan antara 2 metode tersebut, mana yang lebih untung?

 

Biaya yang dikeluarkan

 

Jika ingin menjual mobil dengan metode titip dealer, maka penjual dapat menentukan harga jual sendiri tetapi harus ada biaya yang dibayarkan kepada dealer. Biaya tersebut adalah biaya titip kendaraan untuk periode tertentu atau bisa juga dealer yang memastikan harga jual tergantung kesepakatan antara dealer dengan penjual.

 

Sedangkan pada lelang online, kendaraan akan dicek dahulu sesuai keadaan terbaru yang kemudian akan ditentukan harga dasar. Harga tersebut bukan harga jual, melainkan harga minimal sehingga ada kemungkinan harga semakin naik karena ada penawaran dari peserta lelang. Jika ikut lelang, maka tidak ada biaya yang mesti dikeluarkan penjual.

 

Lama waktu terjual

 

Dealer mobil tentunya sudah punya target pelanggan sendiri, begitu juga proses lelang. Pelanggan dealer biasanya adalah pembeli secara langsung sehingga mobil yang dicari bisa jadi sesuai keinginan mulai dari tipe serta kondisinya. Makanya dealer tidak mau menerima kendaraan dengan kondisi yang tidak layan dijual misalkan pernah tabrakan atau pernah kebanjiran saat hujan deras.

 

Berbeda dengan sistem lelang, balai lelang akan menerima apapun kondisi kendaraan karena nantinya akan dicek dan menentukan harga yang ideal untuk mobil tersebut. Ini tentunya menguntungkan penjual serta pembeli karena adanya transparansi pada sistem lelang. Jika banyak peserta yang berminat dengan mobil tertentu, maka ada kemungkinan harga jualnya tinggi.

 

Dari kedua faktor tersebut, bisa dikatakan bahwa metode lelang lebih efektif dibanding titip dealer, apalagi tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun. Sekarang juga ada aplikasi IBID yang canggih untuk memenuhi setiap kegiatan lelang baik untuk penjual dan pembeli. Aplikasi ini juga banyak fiturnya sehingga memudahkan setiap orang untuk tahu jadwal lelang atau kemudahan untuk mendaftar dan beli nomor peserta. Agar lebih jelas, langsung install aplikasi IBID dan nikmati semua fiturnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *