Cara Mengobati Diare Berkepanjangan yang Tidak Kunjung Sembuh

| | 0 Comments

Penyakit diare digolongkan dalam beberapa jenis, diantaranya adalah diare ringan dan juga jenis diare kronis yang berbahaya. Jika seandainya diare ringan ini bisa sembuh bahkan tanpa mengonsumsi obat, atau jika pun harus konsumsi obat maka beberapa hari setelahnya sudah akan sembuh dengan sendirinya.

 

Namun berbeda dengan diare kronis, jenis inilah yang lebih membahayakan, karena ia terjadi dalam jangka waktu lama atau istilahnya adalah diare berkepanjangan. Diare kronis ini dapat terjadi bahkan selama berminggu-minggu.

 

Patut untuk diketahui bahwa diare kronis ini adalah jenis yang paling rentan untuk sebabkan terjadinya komplikasi, sebut saja diantaranya adalah buang air besar atau muntah yang disertai dengan darah, merasa pusing sampai dengan penurunan berat badan.

 

Jadi agar tidak sampai menyebabkan hal tersebut harus segera ditangani dengan tepat. Sebelumnya wajib tahu faktor penyebabnya terlebih dahulu, jadi bisa menemukan cara mengobati diare berkepanjangan langsung ke sumber masalahnya, yaitu:

 

1. Irritable bowel syndrome diare kronis dapat terjadi karena adanya kumpulan gejala pada saluran pencernaan, tentunya tanpa adanya kelainan disana.

2. Radang usus, peradangan yang terjadi pada usus agaknya juga bisa menjadi faktor penyebab diare ini contohnya adalah penyakit Crohn.

3. Gangguan pada penyerapan makanan, kondisi lain seperti diantaranya adalah gangguan pada proses penyerapan makanan juga dapat memicu hal tersebut, seperti intoleransi laktosa misalnya.

4. Penyakit yang menyerang kantung empedu, seperti batu empedu.

5. Efek samping dari operasi yang dijalani pada area perut.

6. Efek samping dari pemakaian obat-obatan tertentu, apalagi yang sudah dikonsumsi dalam jangka waktu panjang.

7. Infeksi bakteri, beberapa jenis bakteri layaknya Salmonella maupun E.coli juga bisa memicu hal tersebut.

8. Infeksi yang disebabkan oleh parasit.

 

Lalu bagaimana cara Untuk mengobati diare berkepanjangan tersebut? berikut ini yang dapat dilakukan, yaitu:

 

  1. Konsultasikan dengan dokter, sebaiknya untuk penanganan jenis diare semacam ini memang harus dilakukan dengan konsultasi dari dokter. Jangan sembarangan menggunakan obat yang dijual di pasaran. Karena memang belum tentu nantinya akan sesuai dengan kebutuhan Kamu, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Biasanya akan direkomendasikan obat-obatan tertentu layaknya bismuth dan juga loperamide.
  2. Perubahan pola makan, hal ini juga penting dilakukan untuk orang-orang yang menderita diare kronis untuk mengubah pola mereka dalam buang air besar juga, diantaranya adalah dengan mengonsumsi makanan yang rendah serat. Karena serat ini justru akan membuat usus bekerja lebih berat dalam mencerna makanan diare akan semakin parah.
  3. Perbanyak mengkonsumsi air putih, juga sangat penting bagi Kamu untuk menghindari dehidrasi, karena akan memperparah kondisi, membuat tubuh jadi kian lemas dan juga pucat.
  4. Mulai menghindari konsumsi alkohol maupun kafein. Bahkan bagi Kamu pecinta jenis minuman tersebut selama mengalami diare ini dianjurkan untuk tidak mengkonsumsinya, karena hanya akan memperparah kondisi.
  5. Tidak mengonsumsi makanan dalam jumlah berlebih, makan dalam jumlah berlebihan hanya akan membuat Kamu nantinya lebih sering buang air besar.

 

Diare kronis ini pada dasarnya memang bisa terjadi pada siapa saja, namun juga tetap ada upaya yang dapat dilakukan untuk pencegahannya, sehingga nantinya Kamu tidak sampai terserang penyakit tersebut.

 

Dalam kondisi terserang diare asupan makanan dan cairan yang dikonsumsi harus benar-benar diperhatikan sehingga tidak semakin memperparahnya. Usahakan juga selalu memastikan kebersihan dan tingkat kematangan makanan yang dikonsumsi, karena makanan yang tidak diolah dengan benar inilah yang bisa menyebabkan diare.

 

Di atas adalah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengobati diare berkepanjangan, dan juga selain pada artikel yang saya tulis diatas tentang cara mengobati diare berkepanjangan kamu juga bisa menemukan banyak informasi mengenai diare pada website Diarepedia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *