Beberapa Perlengkapan Futsal Untuk Seorang Kiper Yang Harus Digunakan Ketika Sedang Bermain Yang Memiliki Fungsi Sangat Penting

swaberita.com  > Pendidikan, Sport >  Beberapa Perlengkapan Futsal Untuk Seorang Kiper Yang Harus Digunakan Ketika Sedang Bermain Yang Memiliki Fungsi Sangat Penting
| | 0 Comments

Kiper dalam sebuah permainan olah futsal adalah salah satu posisi yang istimewa karena memiliki tanggung jawab yang cukup besar. Posisi tersebut juga dapat dikatakan lebih susah jika dibandingkan ketika anda menjadi seorang penjaga gawang dalam sebuah permainan sepak bola. Oleh sebab itu, perlengkapan futsal untuk seorang kiper yang harus digunakan juga harus diperhatikan.

 

Meskipun gawang yang dipakai memiliki ukuran yang lebih kecil, kiper futsal dapat dikatakan adalah tembok yang paling terakhir dalam pertahanan. Kiper perlu siap menerima tendangan keras dari para pemain musuh. Tidak jarang, kiper futsal juga perlu beradu fisik dengan cara langsung ketika sedang berduel satu melawan satu dengan pemain musuh.

 

Perlengkapan futsal untuk seorang kiper akan memberikan penjagaan dari resiko cedera pada anggota tubuh yang sangat penting. Misalnya seperti lutut, siku, dan juga tulang kering. Tidak cuma itu saja, jari jari dari seorang kiper futsal juga harus diberikan perlindungan dari resiko cedera agar dapat bermain sampai akhir.

 

Perlengkapan futsal yang digunakan oleh seorang kiper sebetulnya hampir sama dengan pemain yang lainnya. Akan tetapi, ada sejumlah tambahan untuk memberikan perlindungan pada bagian bagian tertentu. Berikut ini merupakan beberapa perlengkapan futsal untuk seorang kiper yang harus digunakan ketika sedang bermain yang memiliki fungsi sangat penting:

 

1. Jersey

 

Mulai dari bagian yang sangat esensial. Jersey futsal pastinya dapat diatur dengan warna tim. Akan tetapi, seorang kiper memiliki warna dan juga corak yang agak sedikit berbeda. Perlengkapan futsal untuk seorang kiper yang satu ini juga dipakai untuk memberikan tanda kepada seorang wasit pada permainan jika pemain yang memakai jersey tersebut merupakan seorang kiper.

 

Satu paket dengan baju, celana untuk seorang kiper juga harus diatus. Sejumlah celana kiper mempunyai bantalan tipis yang terdapat pada bagian sisi sampingnya. Busa tersebut memiliki fungsi untuk memberikan pelindung pada bagian paha seorang kiper ketika perlu melakukan gerakan melompat.

 

2. Finger tape

 

Perlengkapan futsal untuk seorang kiper yang satu ini dapat dikatakan memiliki fungsi yang sangat penting. Finger tape akan memberikan perlindungan pada jari seorang kiper agar tidak mengalami cedera ketika sedang menepis atau menangkap bola. Karena seorang kiper futsal tidak memakai sarung tangan seperti kiper pada permainan sepak bola. Finger tape pada umumnya digunakan pada bagian buku jari sampai terkunci.

 

3. Elbow pad

 

Masih pada bagian tangan. Elbow pad akan memberikan perlindungan pada bagian siku tangan kiper dari resiko cedera. Perlindungan tersebut memiliki fungsi ketika sorang kiper futsal perlu berjibaku menahan bola susah yang mengharuskan seorang kiper melakukan gerakan melompat. Elbow pad juga dapar memberikan perlindungan pada siku tangan dari benturan fisik ketika sedang bermain futsal.

 

4. Knee pad

 

Seorang kiper dari permainan futsal juga direkomendasikan untuk memakai knee pad atau pelindung pada bagian lutut ketika sedang bermain. Apabila dibandingkan dengan pemain lain, lutut dari seorang kiper jadi sangat rentan dari cedera ketika sedang menjaga gawang. Karena seorang kiper perlu menurunkan tubuh dengan cara tiba tiba sebagai gerakan untuk menahan bola datar dari musuh. Penjagaan pada bagian lutut seorang kiper futsal tersebut juga melindungi dari benturan dengan pemain musuh.

 

5. Sepatu futsal

 

Pemilihan dari sepatu futsal juga harus diperhatikan. Meskipun memiliki fungsi yang sama sama untuk menendang, sepatu futsal untuk seorang kiper harus dipilih yang sedikit memiliki bobot ringan. Dengan demikian, gerakan dari seorang kiper futsal juka akan semakin lincah.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *